Belum lama pendeklarasian capres-cawapres, kelompok-kelompok pendukung 3 pasangan capres-cawapres sudah langsung bergerilya. Salah satunya melalui dunia maya via situs jejaring sosial Facebook.

Di fasilitas 'cari' atau 'search', ketikkan saja misalnya JK-Win (Jusuf Kalla-Wiranto). Maka akan terlihat sekitar 30-an lebih kelompok dukungan pasangan capres-cawapres yang deklarasinya paling awal ini.

Namanya pun bermacam-macam. Ada 'JK-WIN', 'JK-WIN For President', 'Vote JK-WIN', 'RELAWAN JK-WIN', 'JK-WIN For INDONESIA', 'Maros Pendukung JK-WIN' dan lain-lain. Jumlah anggotanya, dari yang di bawah 10 sampai ratusan.

Coba ketikkan 'JK-Wiranto', penelusuran detikcom, pada Senin (18/5/2009) ada sekitar belasan kelompok dukungan pasangan yang diusung Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menampakkan diri.

'JK-Wiranto', 'RELAWAN JK-WIRANTO', 'JK-WIRANTO FANS CLUB', 'Say Yes For JK - Wiranto' adalah beberapa nama-nama kelompok dukungan bagi JK-Wiranto.

Bagaimana dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono? Tampaknya setali tiga uang. Ada sekitar 30 kelompok dukungan terpampang begitu kata 'SBY-Boediono' diketikkan di kolom 'cari'

Pasangan yang dideklarasikan di Bandung, Jumat 15 Mei 2009 lalu ini tak kalah panen dukungan. 'Presiden & Capres Susilo B Yudhoyono dan Cawapres Boediono (SBY BERBUDI)', kelompok yang paling mencolok sudah mengumpulkan 2.678 anggota.

Ada juga 'Jaringan Nusantara (JN) for SBY-BOEDIONO 2009-2014', 'PILIH SBY - BOEDIONO FOR PRESIDENT 2009-2014', dan 'Let's Support SBY-Boediono (SBY BERBUDI)'. Oh ya, beberapa kelompok di antaranya memasang foto terbaru mereka saat deklarasi di Sabuga, mengenakan batik merah menyala.

Kelompok pendukung Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto tak kalah militan. Nama kelompok seperti 'BALAGA (Barisan Bela Mega Prabowo)', 'Poros Pendukung Mega Prabowo', 'Say "YES!!!" to Mega-Prabowo' terpampang dalam barisan pendukung di antara belasan kelompok.

Selain, kelompok pendukung ketiga capres, ada pula kelompok yang anti kepada ketiga pasangan capres-cawapres itu. 'Say NO to Mega-Prabowo, SBY-Budiono, JK-Wiranto,dan Elit Penipu lainnya' misalnya, sudah mengumpulkan 203 anggota.

Ada pula 'Kenapa Harus (Bukan) JK-Win, SBY - Budiono atau Mega - Prabowo' yang sukses menggaet 61 anggota. Dalam boks deskripsinya, kelompok ini sengaja dibentuk untuk melihat tanggapan kepada capres-cawapres.

"Silahkan mengomentari dengan bijak, silahkan mendukung dengan cara yang kreatif, silahkan pula menolak dengan tidak memaki," tulis moderator kelompok itu.

Nah, Anda berminat bergabung kepada kelompok yang mana?

(sumber:detik.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails