Wina - Film Laskar Pelangi dipilih sebagai film pembuka dalam rangkaian acara Festival Film Indonesia yang digelar di Ibukota Austria, Wina. Festival ini digelar selama 4 hari dari tanggal 22-25 Mei 2009.

Festival Film Indonesia baru pertama kalinya diselenggarakan di kota ini. Selain Laskar Pelangi, publik Wina juga bisa menyaksikan langsung deretan film terlaris Indonesia seperti Gie, Eliana Eliana, dan 3 Hari Untuk Selamanya.

"Laskar pelangi dipilih sebagai film pembuka karena pesan yang sangat kuat dan inspiratif dalam menyajikan potret realita dunia pendidikan di Indonesia," kata Ketua Penyelenggara Festival Film, Gardina, Jumat (22/5/2009).

Sekitar 200 pengunjung memadati gedung sinema Top Kino-Rahlgasse di bilangan elit Mariahilfer pusat kota Wina, Jumat malam. Bahkan karena keterbatasan tempat, pengunjung terpaksa berdesak-desakan dan rela duduk di lantai bioskop.

Bukan hanya bisa menyaksikan film Laskar Pelangi, penonton juga mendapat kejutan dengan hadirnya Riri Riza, sang sutradara yang ternyata sudah berada di ruang pertunjukan selama pemutaran film berlangsung. Kontan aplaus panjang bergema begitu panitia mengumumkan kehadiran spesial sang sutradara di tengah pertunjukan malam itu

Penonton pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung tentang ke istimewaan film Laskar Pelangi ini dengan Riri. Beberapa orang mengaku sangat terbuka matanya melihat begitu berbedanya wajah dunia pendidikan di Indonesia dan di Austria.

Bahkan ada seorang penonton yang mengaku sebagai guru sekolah dasar di Austria bermaksud ingin memutar film ini untuk menggugah semangat belajar anak didiknya.

Adapula yang bertanya, kenapa jalan hidup Lintang, sang tokoh jenius dalam film tersebut, harus berakhir tragis. Riri Riza pun menjawab bahwa ini adalah drama terpenting dalam cerita laskar pelangi ini di mana seorang anak yang demikian cerdas dan berbakat terpaksa harus menguburkan seluruh potensinya karena himpitan keadaan dan keterbatasan.

“Cerita naskah sequel film ini sedang dipersiapkan, dan mudah-mudahan kita bisa menyaksikan kelanjutan cerita Laskar Pelangi tidak lama lagi,” ujar Riri yang disambut tepuk tangan riuh hadirin.

Riri Riza sendiri beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan road show pemutaran filmnya di Beograd dan Hamburg.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails