Troso - Usai pelaksanaan Pekan Ulangan Bersama (PUB)tadi (15/09/09), Kepala MA Matholi'ul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam'un mengum-pulkan seluruh siswa untuk diberikan pengarahan terkait dengan kegiatan pasca PUB tersebut. Dalam pengarahannya selama kurang lebih 30 menit tersebut, beliau menyampaikaan beberapa hal, di antaranya adalah berkaitan dengan pelaksanaan PUB.

Dengan adanya PUB, siswa harus menjadi lebih bersemangat dalam belajar, mengingat, 5 hari setelah libur hari raya, yaitu tepatnya hari Sabtu, 3Oktober 2009, Ujian Mid semester gasal akan dilaksanakan.

Selain PUB, beliau juga menyoroti masalah kurangnya greget siswa membudayakan berzakat kepada panitia penerimaan zakat fitrah di madrasah. Padahal, dengan adanya sentralisasi zakat fitrah seperti itu dapat menumbuhkan sikap kepedulian siswa terhadap madrasah dalam upaya mempererat hubungan dengan masyarakat sekitar. Sampai berita ini diturunkan, jumlah siswa yang mengeluarkan zakat hanya 50-an saja. Padahal terdapat lebih dari 300 siswa di MA Matholi'ul Huda Troso.

Menurut beliau, tahun depan akan ada wacana yang mewajibkan seluruh siswa mengeluarkan zakat fitrahnya di madrasah untuk meningkatkan jumlah siswa yang mengeluarkan zakatnya, namun wacana tersebut masih perlu dipertimbangkan dan dibicarakan dengan pihak-pihak yang terkait.

Selain masalah zakat, Siswa diharapkan terus membudayakan bersilaturahmi dengan gurunya saat hari raya idul fitri nanti. Diharapkan siswa membuat sebuah rencana kunjungan ke rumah guru-guru mereka dan rencana tersebut haruslah memiliki target. "Setiap siswa harus membuat rincian berapa jumlah dan berapa jumlah guru yang dapat dikunjungi selama sehari itu," kata beliau memberi contoh.

Fadloli - EMHA Pos

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails